Minggu, 17 Oktober 2010

Tugas SoftSkill Pengantar Bisnis Informatika

A. Pemanfaatan Jaringan Sosial untuk Bisnis (Social Network Business)



        Jutaan masyarakat Indonesia pada saat ini sedang demam menggunakan situs jaringan soial (social network site) seperti facebook, twitter, myspace, plurk, dan lain-lain. Motif dan tujuan kita bergabung dalam situs-situs tersebut sangatlah beragam. Ada yang sekedar untuk mencari teman, ada yang memakainya untuk membuat komunitas, dan ada pula yang menggunakannya untuk keperluan bisnis. Pada akhirnya banyak sekali pengguna situs web yang membuat web mereka dan menjualnya untuk kebutuhan bisnis dan sebagainya.

PENGERTIAN

        Hal yang pertama akan saya jelaskan adalah tentang Jaringan Sosial. Jaringan Sosial adalah sebuah layanan yang diberikan oleh website seperti email dengan kelebihan pemilik account dapat memiliki sebuah halaman pribadi yang disebut profil dan dapat menampilkan list teman-teman di layanan itu kepada teman yang lain, dapat saling mengisi halaman pribadi satu sama lain dan dapat menemukan teman-teman baru dengan mudah di seluruh dunia. Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepadaatau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. 
       
        MANFAAT
        
          Media Jaringan sosial adalah media yang disediakan secara gratis dengan syarat-syarat tertentu dan biasanya bersifat gratis dan online, dengan banyak fasilitas yang disediakan untuk mendukung membuat suatu jaringan, baik itu jaringan pertemanan, bisnis, fans, Mencari teman lama dan lain sebagainya.
Berikut adalah hasil analisa saya mengenai manfaat dari media jaringan sosial online :
  1. Media Bersifat gratis
  2. Memudahkan kita membentuk jaringan sosial, mulai dari teman lama, teman saat ini sampai pada teman baru.
  3. Memudahkan untuk berkomunikasi satu teman dengan teman yang lain baik secara real time ataupun offline.
  4. Harus Diakui bagi seorang seorang pemula dan remaja media ini sangat membantu dan mendidik terutama dalam mengenal dan mengawali dunia internet.
  5. Bisa dimanfaatkan untuk media promosi/iklan dan pemberitahuan secara uptodate.
  6. Manfaat hiburan lainnya seperti komunitas, kuis, game dll yang bisa menambah pengetahuan kita tentang teknologi maupun hal umum.
 PENGGUNAANNYA DALAM DUNIA BISNIS

         Untuk mencapai manfaat jaringan sosial hal pertama yang muncul dalam pikiran adalah pilihan jaringan.Sebaiknya kita pilih jaringan sosial dengan seksama sebelum kita bergabung dengan apapun. Kualitas kita tergantung pada lalu lintas jaringan yang kita pilih. Ketika kita datang ke pemilihan situs satu jaringan harus berjuang demi memilih yang terbaik. Jaringan yang lebih baik akan memberikan kita pengunjung yang lebih baik. Pilihlah jaringan yang berhubungan dengan minat kita dan bisnis. Langkah selanjutnya adalah untuk membuat dan memperbarui profil kita. Selalu membuat profil kita diperbarui sebagai identitas yang diakui oleh profil kita. Kunjungi anggota lain untuk memperluas jaringan kita. Mengunjungi anggota lain akan membantu kita dalam mengembangkan ide-ide kita dan profil pekerjaan.

         Berikan penting untuk referer jaringan pemasaran yang menguntungkan sosial. Dengan arahan kita mendapatkan penambahan nilai dan hubungannya dengan anggota lain. Berikan rasa hormat dan nilai kepada anggota lainnya. Ini akan membuat kita lebih berpengaruh dalam anggota jaringan dan lebih banyak orang akan mengambil bunga dan bagian dalam kegiatan-kegiatan kita. Hal ini dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk mengunjungi halaman Web kita. Selanjutnya dapat membantu dalam ekspansi bisnis online kita juga. Orang-orang akan datang kepada kita ketika kita memiliki sesuatu untuk ditawarkan.

         Sebaiknya kita mencoba untuk meningkatkan koneksi untuk membuat jaringan yang kuat, baik dan luas. Ini akan menguntungkan kita dalam banyak hal. Memberikan solusi kepada anggota lain yang mengunjungi profil kita. Hal ini akan mendorong orang untuk berpikir tentang kita sebagai seorang ahli. Berbagi pengalaman dengan orang lain dengan menulis di blog, posting di forum Berbagi dlan lain-lain keahlian kita, peralatan dan pengetahuan dengan anggota lain pada jaringan. Tinggalkan pesan dan komentar kepada anggota lain untuk membuat mereka merasa baik dan dalam jangka panjang membangun hubungan yang baik. Selalu buat halaman lebih baik dan menarik. Pengunjung bisa mendapatkan terkesan dengan halaman Anda. Cobalah untuk menambahkan konten yang bermanfaat dan relevan dalam halaman kita.



        Dengan demikian kita bisa mendapatkan lebih banyak orang terhubung dengan kita dengan menggunakan konsep-konsep jaringan pemasaran sosial untuk mempromosikan bisnis berorientasi koneksi. Sebagai pengusaha dan usaha manusia dalam situs jaringan sosial kita bisa mendapatkan banyak klien. Mungkin ada rekan-rekan bisnis lainnya yang akan mendapatkan bisnis kita. Oleh karena itu akan menghasilkan jaringan sosial produktif. Dengan berpartisipasi dalam diskusi orang lain kita dapat memperoleh kontak bisnis baru. Jadi pengusaha online berpikir jaringan sosial sebagai dasar yang baik untuk mengiklankan dan memasarkan produk dan jasa.
     
B. E-Commerce dan E-Business

PENGERTIAN



         Perdagangan elektronik atau e-dagang (Electronic commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, website, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
          Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti transfer dana secara elektronik, SCM (Supply Chain Management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dan lain sebagainya.
         E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dan lain-lain. Selain teknologi jaringan web, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data atau databases, e-surat atau e-mail, dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
         e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.


 SEJARAH PERKEMBANGAN

        Istilah "perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
        Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat "perdagangan web" pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
       Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.

FAKTOR KUNCI KESUKSESAN

      Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce dalam bidang e-business bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Masalah

  1. Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
  2. Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.

Aplikasi bisnis

          Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce dan e-business adalah:
  • E-mail dan Messaging
  • Content Management Systems
  • Dokumen, spreadsheet, database
  • Akunting dan sistem keuangan
  • Informasi pengiriman dan pemesanan
  • Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  • Sistem pembayaran domestik dan internasional
  • Newsgroup
  • On-line Shopping
  • Conferencing
  • Online Banking

Perusahaan terkenal

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal.

Kecocokan barang

          Ada beberapa barang yang cocok dijual secara elektronik seperti barang elektronik kecil, musik, piranti lunak, fotografi, dll. Barang yang tidak cocok seperti barang yang memiliki rasio harga dan berat yang rendah, barang-barang yang perlu dibaui, dipegang, dicicip, dan lain-lain.

C. Corporate Information Management (CIM)


         Kendali pasar ekonomi di perusahaan saat ini yang menyeluruh meningkatkan daya saing perusahaan adalah inti dari manajemen perusahaan. Usaha lebih memperhatikan waktu-nyata sistem kontrol, mengurangi link menengah, untuk meningkatkan kemampuan respon, untuk perusahaan virtual, dan transformasi Lincah, untuk mencapai tipe datar, model, manajemen didistribusikan secara keseluruhan.

PENGERTIAN

          Informasi (termasuk data) adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer, selain Manusia, Material, Mesin dan Uang. Sumber daya manusia, material, mesin dan uang digunakan istilah sumber daya fisik sedangkan Informasi dan data dengan istilah sumber daya konseptual. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain. Semakin besar skala operasi perusahaan, manajer semakin mengandalkan informasi dan sangat mungkin menggangap informasi sebagai sumber daya mereka yang paling berharga. Manajemen Informasi adalah seluruh aktifitas memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat (McLeod, 1998).

ALASAN PENTINGNYA MANAJEMEN INFORMASI DALAM PERUSAHAAN

          Ada 2 alasan kenapa para manajer sekarang ini, memberikan perhatian yang semakin besar terhadap manajemen informasi.
  1. Kemampuan komputer yang semakin baik
  2. Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat.
  • Pengaruh Ekonomi Internasional
  • Persaingan Dunia 
  • Kompleksitas Teknologi yang Meningkat 
  • Batas waktu yang Singkat 
  • Kendala kendala Sosial


 ASPEK YANG BERSANGKUTAN
         Dengan demikian, dalam pengelolaan teknologi informasi, perusahaan yang bersangkutan tentang aspek-aspek berikut:

1. Aplikasi terdistribusi dan sistem manajemen

         Didistribusikannya perusahaan perlu kedua aplikasi spesifik, perlu sistem manajemen terpusat. Software ERP model aplikasi harus baik suara dan teknis cara untuk menyelesaikan aplikasi terdistribusi dan persyaratan sistem manajemen, waktu istirahat dan kemacetan ruang, mencapai antara kantor pusat dan kantor cabang dan kantor cabang real-time, pertukaran informasi dinamis, sehingga kelompok keuangan, penjualan, informasi persediaan adalah akurat dan tepat waktu pengiriman.

2. Pentingnya pengelolaan keuangan perusahaan kelas
        Besar arus kas perusahaan, kompleks modal bentuk, markas kelompok dan lebih sebagai pusat investasi, pada manajemen lembaga bawahan. Dalam kelompok itu, semua titik cenderung bervariasi sifat anak perusahaan, bisnis mungkin melibatkan berbagai sektor, sesuai dengan persyaratan manajemen keuangan akan sebagai berikut: Grup sebagai pusat cabang di sekitar manajemen, terpusat terpadu , mampu pemantauan jarak jauh real-time dan manajemen cabang, multi-entitas akuntansi ada, manajemen multi-level.
        Produksi skala, variasi produk, kerjasama eksternal, outsourcing banyak bagian, pemasok dan pelanggan yang tersebar, sirkulasi lebih, biaya distribusi terlalu tinggi umumnya, informasi pasar dan keterlambatan transmisi mudah. Manajemen rantai pasokan ke beberapa perusahaan untuk mengelola di seluruh ERP untuk mencapai koordinasi operasional dan manajemen kolaborasi. Desentralisasi perusahaan ini ke dalam rencana rantai pasokan, untuk mencapai berbagi informasi dan sumber daya, sehingga sangat meningkatkan rantai pasokan di pasar besar di keuntungan secara keseluruhan.

3. Customer Service Management (CRM)






         Ini adalah bagian inti dari rantai suplai dan fungsi kunci, seluruh penjualan sebelum dan setelah-penjualan, mewajibkan pelanggan untuk membuat respon yang cepat dan akurat, meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi biaya jasa. fungsi utama dari pelacakan pesanan pelanggan, profil pelanggan, pelayanan manajemen kontrak, analisis kinerja, pelayanan (termasuk instalasi / diagnosis / pemeliharaan), layanan pelacakan, manajemen panggil, manajemen kembali.

4. Manufaktur Sistem penekanan kemudahan penggunaan
        Pada masa industri tradisional, menekankan memfokuskan sumber daya internal untuk memenuhi kebutuhan produksi, manajemen produksi produk-berorientasi adalah inti dari manajemen perusahaan. Dalam "pasar massal hari ini" (Mass Marketing) telah berhenti ada, overproduksi menunjukkan kecenderungan globalisasi, perusahaan semakin menekankan pengiriman cepat dengan produk dan layanan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, untuk menjaga nama baik . Ini produksi perusahaan berskala besar dan proses manajemen, manajemen telah membawa berbagai tantangan. Inti dari manajemen perusahaan juga ditransfer ke pengelolaan rantai pasokan up. Dengan demikian, perangkat lunak manajemen rantai suplai (SCM) telah menjadi manajemen bisnis inti ERP software atau perangkat lunak.

5. Dynamic Decision Support
        Pada perusahaan besar, sejumlah besar informasi, seberapa efektif pengumpulan data, pengolahan dan akurat pengambilan keputusan dengan cepat diteruskan ke tingkat perusahaan, dalam rangka mencapai ilmiah, pengambilan keputusan-dinamis, merupakan kunci untuk aplikasi ERP. Sistem Pendukung Keputusan (DSS) didirikan dalam keuangan, supply chain, manufaktur dan sistem sumber daya manusia pada penggunaan data warehouse (Gudang Data) dan alat analisis online (OLAP) untuk perusahaan-perusahaan untuk memberikan dasar yang kuat bagi para pembuat keputusan.

6. Sumber Daya Manusia. Untuk kinerja
      Tradisional personalia manajemen tidak dapat memenuhi persyaratan perusahaan, bisnis yang bersangkutan tentang bagaimana meningkatkan kemampuan belajar, meningkatkan kemampuan staf dan memaksimalkan kinerja. sumber daya manusia dan sumber daya pengetahuan bergabung untuk membentuk modal intelektual perusahaan, ekonomi pengetahuan adalah penting untuk modal usaha pembangunan berkelanjutan.

7. Arah pembangunan informasi perusahaan dan tren
        Dalam beberapa tahun ke depan, Cina akan meningkatkan dana untuk lebih dari 100 miliar perusahaan konstruksi digital untuk mencapai kekuasaan oleh kekuatan manufaktur untuk perubahan manufaktur. Departemen Perindustrian Informasi diharapkan, "15" periode, transformasi industri tradisional, industri informasi ukuran pasar adalah sekitar 500 miliar yuan.
       Transformasi industri tradisional dan perusahaan berfokus pada informasi, untuk mempromosikan penerapan teknologi informasi untuk mempercepat kecepatan, adalah satu-satunya cara untuk perusahaan Cina. Oleh karena itu, penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan daya saing perusahaan, manajemen inovasi dan informasi perusahaan bersama-sama secara organik, ini adalah tugas yang sangat sulit.

D. Strategy of Information Integration

        Strategi Integrasi merupakan sebuah rencana integrasi ke depan, integrasi ke belakang,  dan integrasi horizontal kadang semuanya disebut sebagai integrasi vertikal. Strategi integrasi vertikal memungkinkan perusahaan dapat mengendalikan para distributor, pemasok, dan / atau pesaing.
         Informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.


           Strategi integrasi dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1) Integrasi ke depan (Forward Integration) merupakan strategi untuk memperoleh kepemilikan atau meningkatkan kendali atas distributor atau pengecer,
2) Integrasi ke belakang (Backward Integration) merupakan strategi untuk mencari kepemilikan atau meningkatkan kendali atas perusahaan pemasok, dan
3) Integrasi horisontal (Horizontal Integration) merupakan strategi untuk mengendalikan para pesaing

STRATEGI INTEGRASI VERTIKAL

         Strategi integrasi vertikal (vertical integration strategies) merupakan strategi yang menghendaki perusahaan melakukan penguasaan yang lebih atas distributor, pemasok dan atau para pesaing baik melalui merjer, akuisisi, atau membuat perusahaan sendiri.

         Perusahan tertarik melakukan integrasi vertikal didasarkan atas alasan:
1) dapat menciptakan "barrier to entry" bagi pendatang baru,
2) memberikan fasilitas investasi,
3) menjaga kualitas produk, dan
4) memperbaiki penjadualan.

        Strategi integrasi vertikal juga memiliki kelemahan, yaitu:
1) kelemahan dalam hal biaya,
2) teknologi, dan
3) adanya permintaan berfluktuasi.

Note :
Kelemahan permintaan fluktuasi tidak terjadi ketika perusahaan menggunakan strategi integrasi ke belakang, karena perusahaan telah menguasai pasar dengan baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar